Lingkungan Hidup

Bakti Sosial Trupala, operasi bersih sampah di Gunung Salak pasca SAR Sukhoi

Pasca tragedi jatuhnya pesawat Sukhoi Super Jet 100  di Gunung Salak, tidak hanya meninggalkan duka namun juga  juga sampah yang ditinggalkan oleh relawan atau tim SAR.

Perhimpunan pencinta alam Trupala Jakarta melakukan bhakti sosial dengan terjun langsung untuk melakukan  operasi bersih dengan sandi “Operasi Semut” di Gunung Salak Jawa Barat yang diselenggarakan pada hari Jum’at –Sabtu tanggal 8-9 Juni 2012.

Diawali dengan pelepasan tim di Posko Cidahu pada Sabtu pukul 2 dini hari, tim Alpha Trupala yang dikomandani Ihsan Kusasi  (Tr. 002/85) melakukan pendakian menuju Puncak Salak 1 untuk selanjutkan  membersihkan sampah pada jalur pendakian tersebut. Selain Ihsan, personil Trupala yang tergabung dalam tim ini adalah Ibnu Rizal dan Solichin. Dalam tim Alpha, tergabung juga personil lainnya yaitu simpatisan Trupala yang jumlahnya mencapai belasan orang.

Selanjutnya pada pukul 09.00 WIB tim kedua yaitu tim Betha yang dikomandani oleh Aulia Ibnu Sina (Tr. 003/90) mulai melakukan pendakian menuju jalur Kawah Ratu. Jumlah tim Betha yang bergabung berjumlah lebih dari 50 orang yang terdiri dari para anggota Trupala angkatan 1975 hingga angkatan 2000 ditambah dengan simpatisan Trupala. Sedangkan tim Charlie yang dikomandani oleh Cyprianus (Tr. /81) berada di base camp Cidahu untuk melakukan koordinasi dengan kedua tim lainnya.

Posko Cidahu dipilih sebagai titik base camp pendakian operasi semut, berada dibawah pengelolaan Taman Nasional Gunung Halimun Salak .

Operasi bersih yang disebut dengan operasi semut yang dilakukan oleh Pencinta Alam Trupala Jakarta  yaitu bertujuan membersihkan sampah-sampah yang ditinggalkan oleh para relawan dan tim SAR pada saat melakukan evakuasi tragedi Sukhoi bulan Mei lalu.

Tim Trupala  terbagi dalam 3 tim yaitu tim Alpha, tim Betha dan tim Charlie. Tim Alpha dan tim Betha menitik beratkan pada jalur pendakian pada jalur Puncak Salak 1 dan Kawah Ratu. Sedangkan tim Charlie bertugas di base camp Cidahu.

Sampah-sampah yang dikumpulkan adalah sampah berupa sampah daur ulang dan non daur ulang yaitu kertas, botol, plastik, dan kaleng  yang kemudian akan dibawa ke bawah dari jalur pendakian ke gerbang pos Cidahu.

Menurut komandan tim Betha, Aulia Ibnu Sina, operasi bersih ini merupakan operasi kelanjutan dari operasi bersih sebelumnya.

Operasi semut yang dilakukan kali ini diikuti sekitar 100 orang peserta yang  terdiri dari anggota Trupala dari angkatan 1975 hingga angkatan 2000 serta tim simpatisan Trupala.

Dipilihnya jalur Cidahu ini karena sebelumnya dijalur ini belum pernah dilakukan operasi bersih.

Pada  jalur puncak Salak 1 banyak terdapat sampah dikarenakan di puncak ini lah pesawat Sukhoi menabrak gunung sehingga aktivitas penyelamatan lebih banyak terjadi dilokasi ini dan menyebabkan banyak sampah yang ditinggalkan.

Lokasi operasi lainnya adalah Kawah Ratu yang merupakan base camp pertama saat operasi SAR Sukhoi berlangsung. Dilokasi inilah juga banyak relawan dan tim SAR yang beraktivitas dan meninggalkan banyak sampah.

Menurut ketua panitia kegiatan recovery gunung Salak Candra Giri Artanto (Tr. 52/93), Bhakti Sosial Trupala terbagi atas 3 tahap yaitu tahap pertama dilakukan pada tanggal 8-9 Juni 2012, tahap kedua akan dilakukan di tanggal 6-8 Juli 2012 dan tahap ketiga akan dilakukan di minggu kedua di bulan September 2012.

Operasi semut ini juga untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia dan juga merupakan bentuk kepedulian Trupala Jakarta dibidang pelestarian alam.

Kegiatan ini diliput oleh media elektronik yaitu TVRI, Kompas tv, MNC, serta Metro TV dan juga Trupala Online.

Wulan Purbodjati Tr. 063/86

Tim Trupala Online

 

Sambutan Ketua Trupala

Rekan-rekan Trupala yang Kami hormati,

Syukur Alhamdulillah kegiatan recovery gunung Salak tahap Pertama pasca SAR Sukhoi yaitu operasi bersih dengan sandi “Operasi Semut” dengan posko Cidahu dan jalur pendakian PuncakSalak 1 dan Kawah Ratu telah selesai dilaksanakan pada 8-9 Juni 2012 lalu. Acara tersebut sukses terselenggara berkat kerjasama tim yang solid antara panitia, peserta, pihak Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan simpatisan TRUPALA.

Sungguh suatu pemandangan yang membanggakan bagi kita semua saat rekan-rekan TRUPALA menggunakan kaos kegiatan berwarna Hijau dengan bertuliskan:
TRUPALA – OPERASI SEMUT PASCA SAR SUKHOI TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN SALAK 2012 serta SLAYER ORANG TRUPALA di leher…. dan rekan-rekan semua berbaur tanpa membedakan angkatan dan saling bersenda gurau…

Atas keberhasilan tahap pertama kemarin, tak lupa DPH TRUPALA mengucapkan terima kasih kepada rekan-rekan panitia:

Sdr. Candra Artanto (Ketua Panitia)
Sdr. Wulan Purbodjati (Koord. Humas)

Juga kepada para komandan beserta anggota tim yaitu :

*/Sdr. Ihsan Kusasi (Komandan Tim Alpha)
beserta anggota : Sdr. Ibnu Rizal (benul) dan Sdr. Icin yg melakukan pendakian / pembersihan di Jalur pendakian Puncak Salak 1

*/Sdr. Aulia Ibnu Sina (Komandan Tim Betha): beserta para seluruh anggota yg hadir dan melakukan pendakian / pembersihan di Jalur Kawah Ratu ,

*/Sdr. Cyrpianus (Komandan Tim Charlie):
Base camp
beserta anggota :

Sdr. Taufik Afriansyah,
Sdr. Irawan Black
Sdr. Harry Soes/Gareng
Sdr Tommy.
Sdr. Jitot
Sdr. Ahmad Sopian

utk DOKUMENTASI kami juga mengucapkan terima kasih kepada :

– Sdri.Maxi.
– Sdr. Ntonk
– Sdr. Martin
– Sdr. Wahyudi
– Sdr. Jemmy
– Sdr. Glend
– Sdr. Robby
– Sdri. Puji Lestari

Dan perlu kita ingat, acara ini tidak dapat berjalan dengan sukses bila tidak ada dukungan dana. Untuk itu DPH juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur yaitu:

– Sdr. Ismud Tr. 75
– Sdr. Tasrif Tr. 88
– Sdr. Boris Tr. 86
– Sdr. Kiky Meike Tr.97
– Sdr. T.Muriansyah Tr 89,
– Sdr. Ibnu Rizal (benul) Tr 89
– Sdr. Tri Mukti Widodo / dodo (ableh) Tr 86.
– Sdr. Tumbur Haposan Tr. 84

serta rekan-rekan TRUPALA lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Juga tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pihak Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), tim Simpatisan dan para TBO Cidahu yang telah mendukung terselenggaranya acara Operasi Semut kali ini.

Adapun hasil dari operasi semut tersebut berupa 40 karung yang berisi sampah daur ulang dan non daur ulang telah diserahkan kepada pihak pengelola TNGHS untuk selanjutnya akan dikelola oleh pihak TNGHS.

Patut kita banggakan ditengah-tengah keterbatasan yg ada, kegiatan ini ternyata mendapat perhatian dari rekan-rekan pers…..kegiatan ini mendapat liputan dari media elektronik yaitu TVRI , KOMPAS TV, MNC dan Metro TV. Kami ucapkan terima kasih kepada rekan-rekan pers atas liputannya….. dan berkat bantuan rekan-rekan pers juga kita dapat menunjukan kepada dunia external dan internal bahwa TRUPALA benar masih ada…..TRUPALA masih aktif di dunia kepencinta alaman…. TRUPALA masih dapat menunjukan eksistensinya serta kepeduliannya terhadap pelestarian alam..kita telah buktikan bersama bahwa TRUPALA masih ada!

Diharapkan pula hal ini dpt membangkitkan gairah kita dalam membangun TRUPALA… dapat membuat rekan-rekan TRUPALA berpartisipasi aktif…

Pekerjaan rumah kita selanjutnya adalah menyukseskan kegiatan tahap Kedua dari recovery gunung Salak ini…..merupakan komitmen kita bersama yang harus dijalankan….maka sekali lagi saya mengajak seluruh rekan-rekan TRUPALA utk mengikuti dan mensukseskan lagi kegiatan recovery gunung Salak Tahap Kedua yang Insya Allah kita laksanakan tanggal 6-8 juli 2012 …MARI KITA DUKUNG ACARA INI….

Akhir kata, saya meminta rekan-rekan TRUPALA semua memberikan karya yang terbaik. Saat ini kita sudah berada on the right track dan fokuskan untuk menuju TRUPALA BANGKIT….

HIDUP TRUPALA!!!

Sigit Wahyudi
Ketua DPH

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

7 thoughts on “Bakti Sosial Trupala, operasi bersih sampah di Gunung Salak pasca SAR Sukhoi

  1. Keren bro tetap solid dan bersahabat dengan alam

    Posted by aulia ibnu | June 12, 2012, 8:13 am
  2. kerennnnn..trupala bangkit….trupaka online jg eksis..

    Posted by wulan purbodjati | June 14, 2012, 3:33 am
  3. pengen kumpul2 lagi nih..kapan naik G.salak lagi ? saya ikut!!!…
    tr.051/92 .. {magelang / ngabean 148 secang mgl}

    Posted by raden.D.Listiadi | June 17, 2012, 9:24 am
  4. recovery ke 2 , juli tanggal 6-8 ya.., saya datang
    tr.051/92

    Posted by Anonymous | June 17, 2012, 11:39 am

Tuliskan komentar Anda disini , berikan identitas Anda (nama) dan No anggota Tr (bila Anggota)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: