Pengetahuan

Panjat Tebing dan Rasa Takut

Ada dua kata tebing dan ketakutan, apakah mereka muncul bersama-sama? Apakah mereka bahkan termasuk dalam kalimat yang sama? Bukankah olahraga petualangan, panjat tebing,  berarti Anda harus menjadi manusia super yang mampu menatap kematian di wajah dan mengejek?
Apakah mungkin bagi seseorang dengan rasa takut, untuk menjadi pemanjat tebing baik atau bahkan yang besar dan sukses di olahraga, atau terlalu standar mereka sendiri keberhasilan setidaknya? Tampaknya titik bukti yang ya, dan lebih dari itu, rasa takut yang merupakan komponen integral dari panjat tebing bagi banyak orang.
Kita harus selalu berhati-hati bahwa ketakutan kita tidak melumpuhkan kita atau mengatasi kita, tapi ketakutan yang diukur dan menghormati setiap situasi hanya cek realitas yang besar.

1. Ketakutan membuat kita hati-hati.

Salah satu manfaat terbesar dari rasa takut dalam panjat tebing adalah bahwa hal itu akan membuat seseorang berhati-hati. Bukan rasa takut yang melumpuhkan menyebabkan kegagalan, tetapi rasa takut dihitung yang mengarah pada rasa tinggi fokus pada masalah yang dihadapi.

Kadang-kadang rasa takut yang tenang rute sulit atau inti dapat membantu kita memfokuskan energi kita dan tubuh pada berhasil menyelesaikan tugas yang di atas kita. Hanya memiliki sembrono untuk mendorong ke atas berapapun biaya dapat mungkin kali menyebabkan kecelakaan dan kegagalan.

Selalu ingat bahwa dosis kecil takut ok dan akan membantu Anda untuk berkonsentrasi dan memfokuskan seluruh energi Anda, membuat Anda seorang pemanjat tebing yang lebih baik pada akhirnya.
2. Mengalahkan rasa takut menyebabkan keyakinan.

Alasan besar kedua bahwa itu ok untuk memiliki beberapa ketakutan dalam hidup Anda tebing batu, adalah dapat menyebabkan membangun rasa percaya diri Anda. Ini mungkin tampak berlawanan untuk berpikir takut yang dapat menyebabkan hal seperti itu, tetapi akan dari waktu ke waktu.

Mampu mengatasi rasa takut Anda dan rintangan akan menyebabkan lebih percaya diri bahkan dalam kemampuan Anda untuk menaklukkan inti dari rute ketika Anda bergerak ke atas melewati rasa takut Anda. Waktu setelah
waktu rasa percaya diri Anda aman akan dibangun bahwa Anda menjadi lebih kuat, lebih cepat, atau seorang pendaki lebih berpengetahuan luas dalam teknik Anda.

Kepercayaan terbaik dibangun dari waktu ke waktu, dan mengatasi satu ketakutan kecil, satu rute demi satu, akan mengakibatkan berjuang keras untuk percaya diri dalam kemampuan Anda yang tidak bisa dimiliki dengan cara lain.
3. Ketakutan adalah manusiawi.

Hanya mengakui kenyataan bahwa Anda memiliki beberapa jumlah ketakutan sebelum berangkat pada rute baru, hanya mengakui bahwa Anda adalah manusia, dan mengurangi rasa takut yang sangat dalam tindakan. Beberapa pendaki terbaik di dunia mengakui memiliki ketakutan beberapa sebelum mereka naik. Ketakutan dapat memfokuskan pikiran mereka dan mengingatkan mereka bahwa mereka adalah manusia, lepas landas membatalkan stigma dan harapan palsu untuk menaklukkan setiap gerakan pada pendakian pertama mereka.

Mengakui takut tidak mengalahkan, itu adalah mengakui Anda adalah manusia, dan bahwa Anda bersedia untuk maju melawan rasa takut, dan menang. Rasa takut adalah bagian dari sifat manusia, khususnya dalam olahraga tepi pisau cukur yang seperti panjat tebing, dan tidak menurunkan Anda pada hirarki pemanjat tebing itu.

Pada akhirnya semua yang harus Anda lakukan adalah ingat bahwa ketakutan adalah alat yang akan digunakan dalam panjat tebing. Gunakan untuk memfokuskan energi Anda, membangun kepercayaan diri Anda, dan mengingatkan Anda tentang kemanusiaan Anda.

diterjemahkan oleh Trupala Online dari   (http://www.rock-climbing-for-life.com)

 

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

5 thoughts on “Panjat Tebing dan Rasa Takut

  1. Halo boss! anak trupala masih ada yang suka manjat gak?
    kalo ada mau dong ikut. gak perlu yang serius-serius amat lah sekedar bouldering pun cukuplah, secara badan sudah lapuk lama tak manjat.

    Aswin TR 002/99

    Posted by Aswin Alkautsar | June 25, 2012, 7:11 am
    • hayo..! ,siap! tp tr.002/99dimana? gw di magelang , atau ke G.Slamet saja ..gw belum pernah ke situ dan harus ke situ!

      tr.051/92
      [kambing_cemot@yahoo.com]

      Posted by R.D.Listiadi | June 26, 2012, 1:01 pm
      • di jakarta mas, di slamet ada yang bisa di pake bouldering?
        saya sih nyari yang sekitar sini-sini aja maklum waktunya udah gak fleksibel jaman sma atau kuliah lagi.

        salam kenal mas TR.002/99

        Posted by Aswin Alkautsar | June 27, 2012, 2:59 am
      • maksud gw kl ada anak tr yg mau naik gunung lebih 2 hari , ayo , kbtln akhir2 banyak waktu luang..biasanya cm cycling tour sj

        Posted by Anonymous | June 29, 2012, 2:53 am
  2. belum tahu..nanti gw tanya anak2 sini [ada-ngga’nya]

    Posted by raden.D.listiadi | June 27, 2012, 6:47 am

Tuliskan komentar Anda disini , berikan identitas Anda (nama) dan No anggota Tr (bila Anggota)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: