Kegiatan

Kisah Evakuasi pada Tragedi Sukhoi 9 Mei 2012 Oleh Tim Trupala

Kamis, 10 Mei 2012 AULIA IBNU SINA Tr. 003/90 (TRUPALA) melakukan pendakian seorang diri ke gunung SALAK melalui jalur Cihideng menuju ketinggian 1650 mdpl (diatas permukaan laut) pada pukul setengah lima sore. Titik pencarian awalnya didapatkan dari BASARNAS. Di ketinggian 1650 mdpl Aulia bergabung dengan tim Marinir, Mapala, Wanadri, Posko Merah Putih (Tim 37). Namun diketinggian 1650 mdpl tersebut tidak ditemukan apa-apa. Setelah sempat bermalam di 1650 mdpl, AULIA dan tim 37 memutuskan melanjutkan pendakian lebih awal yaitu pada pukul 04.00 WIB untuk menuju ke Puncak Manik (2086 mdpl). Dari Puncak Manik akhirnya diputuskan untuk menuju ke PUNCAK SALAK 1 (2.211 mdpl). Dari PUNCAK SALAK 1 inilah akhirnya tercium bau gosong dan suasana terasa hangat bekas terbakar, dan masih terdapat sisa-sisa asap.

Karena sudah mencium bau gosong dan hawa hangat tersebut, AULIA bersama tim Marinir dan Posko Merah Putih turun ke sisi tebing sebelah Timur. Karena peralatan terbatas, maka penurunan ke tebing sebelah Timur dilakukan dengan cara scrambling dan dengan bantuan akar-akar pohon. Ketika akar pohon sudah tidak ada lagi, AULIA bersama Eko (tim Cidahu) turun lebih dalam lagi. Kemiringan tebing saat itu dapat dikatakan lebih dari 85 derajat sehingga dibutuhkan minimal alat bantu tali untuk meneruninya. Ketika mencapai titik dimana harus menggunakan bantuan tali dan peralatan keselamatan lainnya seperti sit harnest, carabiner dll , dan karena tali yang dibawa terbatas yaitu hanya 1 gulung, maka AULIA turun lebih dalam lagi seorang diri. AULIA adalah orang pertama yang masuk ke crash site dan menemukan serpihan busa, dan serpihan badan pesawat. Selain itu AULIA juga melihat potongan-potongan tubuh korban yang menyangkut di pohon-pohon. Dari potongan korban masih dapat dikenali jenis kelamin tetapi tidak identitasnya. Dari temuan  kepingan pesawat tersebut, selain busa, potongan korban dan serpihan pesawat yang dapat dikenali adalah pintu pesawat dan roda pesawat.

AULIA dan tim Marinir dan posko Merah Putih adalah tim pertama yang masuk ke crash site dan melakukan evakuasi, dan akhirnya mengumpulkan potongan-potongan jenazah untuk dikumpulkan dan dimasukkan ke dalam kantung jenazah. Kantung jenazah yang ada saat itu hanya tersedia 8 kantung, sedangkan sebenarnya dibutuhkan kantung jenazah yang lebih banyak lagi. AULIA terlibat langsung dalam proses evakuasi hingga 4 hari dan hari Minggu Aulia memutuskan turun gunung karena kendala fisik dan juga terkena terkilir otot yang dialami sejak hari ke 2 pendakian. Tujuan dari tim pada awalnya adalah melakukan rescue dengan harapan masih dapat menemukan korban yang selamat.

Dalam aksi tanggap ini, TRUPALA mendapatkan penghargaan secara resmi dari pemerintah yang diberikan dalam upacara resmi di Halim pada tanggal 23 Mei 2012 yaitu dari Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesi dan Badan SAR Nasional (BASARNAS), yang merupakan penghargaan resmi pertama yang pernah diterima TRUPALA.  Penerimaan penghargaan ini diwakili oleh AULIA.

Sumber: wawancara dengan Aulia Ibnu Sina.

Wulan Purbodjati Tr. 063/86 – TRUPALA Online

About indrajabrix

Pehobi sejarah dan jalan-jalan

Discussion

2 thoughts on “Kisah Evakuasi pada Tragedi Sukhoi 9 Mei 2012 Oleh Tim Trupala

  1. TRUPALA SIP!..maju terus…

    tr.051/92

    Posted by raden.D.Listiadi | June 17, 2012, 9:32 am
  2. Smoga seluruh info mengenai seluruh kegiatan Trupala, ter_update buat seluruh anggota2 TR di seluruh penjuru

    tr. 026/85

    Posted by Anonymous | June 25, 2012, 4:38 am

Tuliskan komentar Anda disini , berikan identitas Anda (nama) dan No anggota Tr (bila Anggota)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: